Pengantar Teknologi Informasi:Teknologi Perangkat Keras Komputer

Teknologi Perangkat Keras Komputer

1.1 Pengertian Perangkat Komputer ( Hardware )
Perangkat keras komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

1.2 Perangkat Keras dan Fungsinya
Secara fisik, Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem. Sistem adalah komponen-komponen yang saling bekerja sama membentuk suatu kesatuan. Apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Komponen komputer ini termasuk dalam kategori elemen perangkat keras (hardware). Berdasarkan fungsinya, perangkat keras computer dibagi menjadi :
1. input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4. Backing Storage ( unit penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)

1. Input Device ( Unit Masukan )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program. Unit masukan atau peralatan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :
a.Keyboard
Adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk mengimput (memasukan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian komputer. Keyboard sering juga disebut papan ketik yang merupakan perangkat yang sering dipergunakan dalam kegiatan sehari-hari. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
• Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
• Caps Lock
Bila tombol ini ditekan, maka lampu indikator caps lock akan menyala, hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar atau Kapital, bila lampu indicator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
• Delete
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
• Esc
Tombol ini berfungsi untuk membatalkan suatu perintah dari suatu menu.
• End
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
• Enter
Tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.
• Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
• Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
• Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor 1 layar ke atas
• Page Down
Tombol ini berfungsi untuk Menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
• Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.

b. Mouse
Pemakaian mouse merupakan bagian terpenting dari sistem operasi yang menggunakan tampilan grafik. Pada saat bekerja pengguna mouse sering dipergunakan dengan istilah ”Pointer” yang berfungsi untuk memindahkan dan mengarahkan penunjuk mouse pada ruang kerja sistem operasi. Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse, sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Mouse terdiri dari :
1) Dual button
2) Three button
3) Scroll button

c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.

d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e. Joy Stick dan Games Paddle
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.

f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku. Sekarang ini, setiap kasir di supermarket atau pasar swalayan di Indonesia untuk mengidentifikasi produk yang dijualnya dengan barcode.

g. Scanner
Berguna untuk memindal (men-scan) gambar atau dokumen dalam bentuk teks diatas kertas ke dalam dokumen atau file komputer..
Berdasarkan cara penggunaanya secara garis besar terbagi dalam dua bagian yaitu :
1) Hand-held scanner yang pemakaianya menggunakan tangan untuk menscan objek dan banyak digunakan oleh supermarket untuk menscan harga barang atau barcode.
2) Plat bed scanner yaitu scaner yang penggunaanya dengan cara meletakan objek yang akan discanner di antara lensa dan cover. Jenis ini banyak dipakai di kantor.
Saat ini telah dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer, biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.

h. Kamera Digital
Perkembangan teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.

i. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound card dan speaker untuk mendengarkan suara.
Selain Perangkat masukan yang dijelaskan diatas masih ada jenis input device yang lain

2. Output Device (Perangkat Keluaran)
Merupakan Salah satu perangkat keluaran yang berfungsi untuk melihat hasil proses dari masukan. Adapun macam-macam Output device adalah sebagai berikut :
a. Monitor
Merupakan salah satu perangkat yang berguna untuk menampilkan informasi yang dihasilkan dari proses input, disebut juga Soft-Copy device karena keluarannya berupa signal elektrik. Monitor memiliki berbagai ukuran seperti halnya televisi. Dibawah ini merupakan jenis-jenis monitor adalah sebagai berikut :
1) Monitor Monochrome disebut juga Monitor tidak warna
2) Monitor Warna
Terdapat beberapa jenis monitor warna yang beredar dipasaran yaitu :
• Monitor CGA (Color Graphics Adapter)
Mempunyai resolusi sederhana yaitu 320 x 200 pixel dan resolusi tinggi 640×360 pixel.
• Monitor EGA (Enhance Graphics Adapter)
Mempunyai resolusi 320×200 pixel
• Monitor VGA (Video Graphics Adapter)
Mempunyai resolusi 800×600 pixel dan banyak beredar di pasaran.
• Monitor SVGA ( Super Video Graphics Adapter)
Mempunyai resolusi setinggi 1024×768 pixel yang lebih baik dari VGA. Terdapat 256 warna pada layar monitor SVGA.
• Monitor LCD (Liquid Cristal Display)
Monitor ini hanya membutuhkan listrik sedikit.
3) Monitor Multisyne
Monitor ini ukurannya lebih besar dari layer warna.
4) Monitor ELD (Electro Luminscent Display)
Mempunayai resolusi 800×600 pixel dan biasa dipakai pada computer jenis laptop, palm top atau note book.

b. Printer
Perangkat ini berfungsi untuk mencetak proses dari masukan (input)
Secara garis besar printer terdiri atas :
1) Dot matarix Printers, yang bekerja secara hentakan.
Jenis printer ini sebenarnya menghentakan tinta di atas karbon untuk membentuk karakter di kertas. Biasa digunakan untuk slip gaji dan wartel.
2) Injeks Printers
Jenis ini sering digunakan untuk pencetakan dalam jumlah yang sedikit dan tidak mengutamakan kecepatan. Printer ini bekerja dengan cara menyemprotkan cairan tinta di atas kertas. Print head printer inkjet diberi nama Piezoelectric Print heads. Kualitas hasil printer di ukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya di ukur dengan page per minute (ppm)
3) Laser Printers
Jenis printer ini menghasilkan cetakan yang baik dengan kecepatan tinggi dan di desain untuk memberikan hasil yang bagus dalam percetakan grafik dan photo.

3.CPU (Central Processing Unit)
Semua kegiatan dan proses yang dilakukan komputer dikendalikan oleh CPU dengan kata lain CPU merupakan sebuah chip mikroposesor yang berfungsi sebagai otak dari system komputer. Dalam proses kerja suatu komputer, processor merupakan bagian terpenting dalam melakukan proses masukan dan keluaran.
Adapun komponen – komponen penting yang harus ada di CPU adalah :
a. Power Supply
Merupakan komponen utama pada system PC yang berfungsi memberikan tenaga agar semua komponen dapat beroperasi atau untuk mencatu daya keseluruhan komputer.
Power Supply ada dua yaitu :
1) Power Supply AT
Biasaya dipakai pada Komputer Pentium I dan II dengan menghasilkan tegangan 5 volt, 12 volt, -5 volt, -12 volt.
2) Power Supply ATX
Biasaya dipakai pada Komputer Pentium III dengan menghasilkan tegangan 5 volt, 12 volt, -5 volt, -12 volt dan 3,3 volt.
b. Motherboard (Mobo)
Papan utama dimana terdapat chip-chip control.
Jenis-jenis Mobo sebagai berikut :
1) XT (Extension Technology) yang berkeupayaan 8 bit
2) AT (Advanced Technology) yang berkeupayaan 16 bit
3) VXT (Versus Advanced Technology) yang berkeupayaan 32 bit
4) ATX Papan Induk bagi Pentium Pro yang berkeupayaan 64 bit
5) BTX (Balanced Technology Extended)

c. Mikroprosesor (Processor)
Mikroposesor yang sering dijadikan ukuran besar kecilnya kemampuan dan kapasitas sebuah komputer.
Ada tiga bagian penting dalam Mikroposesor
• ALU ( Arithmetic Logical Unit)
Merupakan pusat dari segala perhitungan matematis untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah sistem PC.
• CU (Control Unit)
Merupakan bagian yang menjadi pengatur dari semua lalu lintas data maupun perhitungan yang dilakukan prosesor.
• MU (Memory Unit)
Unit Pendukung dimana perintah-perintah yang sering digunakan oleh posesor akan disimpan sementara pada bagian ini.

d. RAM ( Random Acces Memory)
Dari namanya dapat di artikan bahwa RAM adalah memori yang dapat di akses secara random. RAM berfungsi untuk menyimpan program yang kita olah untuk sementara waktu (power on). Jika komputer kita matikan makam seluruh data yang tersimpan dalam RAM akan hilang. Agar data yang kita buat tidak hilang maka diperlukan media penyimpanan, seperti disket, hardisk, Cdrom dan lain-lain.

e. ROM ( Read Only Memory)
ROM adalah memori yang hanya bisa dibaca saja tidak dapat dirubah dan dihapus sudah di isi oleh pabrik pembuat komputer.
Jenis – jenis ROM adalah :
1) PROM ( Programable ROM)
ROM yang biasa kita program kembali dengan catatan hanya boleh satu perubahan setelah itu tidak dapat lagi diprogram.
2) RPROM (Re-Programable ROM)
Perkembangan dari versi PROM dimana kita dapat melakukan perubahan berulang kali sesuai dengan yang kita inginkan.
3) EPROM ( Erasable Program ROM )
ROM yang dapat kita hapus dan program kembali, tapi cara penghapusannya dengan sinar ultraviolet.
4) EEPROM (Electrically Erasable ROM)
Perkembangan mutakhir dari ROM dimana kita dapat mengubah dan menghapus program ROM dengan menggunakan tehnik electrik.

4.STORAGE DEVICE ( Media Penyimpanan)
a. Hard disk
Media penyimpanan internal yang kapasitasnya besar, untuk saat ini kapasitas hard disk mencapai 120 GB

b.Disket
Media penyimpanan data yang berbentuk seperti amplop dan dapat menyimpan data antara 700KB hingga 1,44 MB

c. Cdrom / DVD
Merupakan media penyimpanan berbentuk piringan Cdrom mampu menyimpan data sampai 700 MB, sementara DVD mampu menyimpan antara 4 GB hingga 9 GB.

d.Flash disk
Media penyimpanan data berbentuk pena, nerukuran 64 MB hingga 2000Mb

5.PERIFERAL
Periferal adalah semua peralatan yang terhubung dengan komputer.
Berdasarkan kegunaannya periferal dibagi menjadi dua bagian yaitu :
a. Periferal Utama (Main Peripheral) adalah peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer.
Contoh : Monitor, Keyboard dan Mouse
b. Periferal Pendukung (Auxillary Peripheral) adalah peralatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer tetapi diperlukan untuk kegiatan tertentu, misalnya : Modem, network card (kartu jaringan), TV tuner dan lain-lain.
6. Jaringan Komputer
Digunakan untuk menghubungkan komputer ke internet dan/atau komputer lainnya. Alat yang digunakan yaitu sebagai berikut :
a. MODEM
Modem berasal dari singkatan Modulator Demodulator. Perangkat keras ini digunakan untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog sehingga data dari komputer bisa dikirimkan melalui saluran telepon atau saluran lainnya
Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diberikan kepada modem untuk diubah menjadi sinyal analog. sinyal analog tersebut dapat dikirimkan melalui beberapa media telekomunikasi seperti telepon dan radio , setibanya di modem tujuan, sinyal analog tersebut diubah menjadi sinyal digital kembali dan dikirimkan kepada komputer.
Terdapat dua jenis modem secara fisiknya, yaitu modem eksternal dan modem internal.
A. Modem Internal.
Modem Internal adalah modem yang tertanam pada mainboard, biasanya berupa kartu tambahan yang dipasang pada slot PCI sehingga tidak memerlukan penambahan kabel ataupun supply listrik lagi. Modem jenis ini harganya relatif lebih murah dari yang eksternal. Kelebihan modem ini adalah Kita tidak perlu menyediakan space untuk penempatan modem sehingga terjadi penghematan ruang pada meja komputer kita. Kekurangan dari modem internal ini adalah akses internet cenderung lebih lambat dari yang menggunakan modem eksternal.
B. Modem Eksternal.
Modem eksternal adalah modem yang letaknya berada pada luar CPU dan tidak tertanam pada slot tambahan yang ada pada mainboard . Modem ini biasanya terhubung ke COM 1 , COM 2 atau pun lainnya. Modem jenis ini dipasarkan dalam berbagai bentuk ada yang segiempat, bulat, dan berbagai bentuk menarik lainnya.
b.Network Interface Card atau Kartu Jaringan
Network interface card adalah kartu — maksudnya papan elektronik — yang ditanam pada setiap komputer yang terhubung ke jaringan. Beberapa komputer desktop yang dijual di pasaran saat ini sudah dilengkapi dengan kartu ini. Saat Anda membeli komputer, Anda bisa menanyakan penjualnya apakah pada komputer sudah dipasangkan NIC. Jika belum Anda bisa meminta penjualnya untuk memasangkan, atau Anda bisa membelinya dan memasangnya sendiri.
Ada banyak macam kartu jaringan. Ada tiga hal yang harus Anda perhatikan dari suatu NIC
a) Tipe kartu,
Ada dua macam tipe kartu, yaitu PCI dan ISA. Sebagai sedikit penjelasan, pada komputer ada beberapa slot (tempat menancapkan kartu) yang disebut expansion slot. Slot-slot ini saat Anda membeli komputer sengaja dibiarkan kosong oleh pembuat komputer agar Anda bisa meningkatkan kemampuan komputer Anda dengan menambahkan beberapa kartu — misalnya, kartu suara (untuk membuat komputer “bersuara bagus”), kartu video (untuk membuat tampilan layar komputer lebih bagus), kartu SCSI (untuk membuat komputer bisa berkomunikasi dengan perangkat berbasis SCSI), atau network interface card (untuk membuat komputer bisa berkomunikasi dengan komputer lain dalam jaringan). Ada dua tipe slot yang banyak dijumpai pada komputer-komputer yang beredar di pasaran, yaitu slot PCI dan slot ISA. Jika Anda membuka kotak (casing) komputer Anda, di bagian belakang Anda bisa melihat ada dua deret slot. Slot PCI biasanya adalah yang berwarna putih, slot ini lebih pendek dibandingkan slot PCI. Slot PCI mendukung kecepatan I/O (input/output) yang lebih tinggi. Di pasaran, biasanya harga kartu berbasis PCI lebih mahal
b) Jenis Protokol
Dari sisi protokol, jenis protokol yang saat ini paling banyak digunakan adalah Ethernet dan Fast Ethernet. Ada beberapa protokol lain, tetapi kurang populer, yaitu Token Ring, FDDI, dan ATM. Dua protokol terakhir cenderung digunakan pada jaringan besar sebagai backbone (jaringan tulang punggung yang menghubungkan banyak segmen jaringan yang lebih kecil). Ethernet mendukung kecepatan transfer data sampai 10Mbps, sedangkan Fast Ethernet mendukung kecepatan transfer data sampai 100Mbps. Jika memilih untuk menggunakan protokol Ethernet, Anda harus membeli kartu Ethernet. Demikian juga jika Anda telah memilih Fast Ethernet. Namun saat ini juga ada kartu combo yang mendukung Ethernet maupun Fast Ethernet. Kartu combo bisa mendeteksi sendiri berapa kecepatan yang sedang digunakan pada jaringan. Jika saat ini Anda memilih menggunakan Ethernet, tetapi Anda telah merencanakan untuk suatu saat nanti memerlukan kecepatan transfer yang lebih tinggi — sehingga memerlukan Fast Ethernet tak salah jika Anda memilih kartu c ombo. Dari sisi harga, kartu Ethernet saat ini boleh dibilang sudah sangat murah
c) Tipe Kabel Yang Didukungnya
Yang paling banyak dipilih orang adalah UTP, karena murah, kemampuannya memadai dan pemasangannya cenderung lebih mudah. Kabel coaxial (mirip dengan kabel televisi) dulu banyak digunakan orang, tetapi saat ini boleh dibilang sudah hampir tak dilirik. Fiber optik merupakan kabel paling mahal (dari sisi instalasi maupun harga per meter), tetapi kemampuannya mendukung kecepatan transfer data paling bagus. Pemasangan kabel fiber optik paling rumit, karena itu mahal.
Dalam memilih NIC, Anda harus menyesuaikan dengan tipe kabel yang telah/akan Anda pasang. Port/colokan untuk kabel UTP berbentuk mirip dengan kabel telepon tetapi sedikit lebih besar, port ini dikenal sebagai RJ-45. Ada beberapa kartu yang mendukung dua atau lebih tipe kabel. Namun jika Anda hanya akan menggunakan satu tipe kabel, pilihlah kartu yang mendukung satu tipe kabel saja karena harganya akan jauh lebih murah.
Satu hal lagi, jika Anda menggunakan komputer portabel (notebook), untuk berkoneksi ke jaringan Anda menggunakan kartu PCMCIA. Bentuk kartu ini mirip kartu kredit, tetapi sedikit tebal. Kartu ini dimasukkan ke port PCMCIA yang ada pada setiap notebook. Jika untuk komputer desktop sudah tersedia banyak pilihan kartu untuk protokol Fast Ethernet, untuk PCMCIA pilihan mereknya masih sedikit sehingga harganya sangat mahal. Jika pada komputer desktop tidak ada kartu kombinasi antara kartu jaringan dengan kartu modem, pada PCMCIA kombinasi ini justru menjadi salah satu favorit. Dengan kombinasi ini, Anda menghemat penggunaan slot PCMCIA dengan hanya menggunakan satu slot untuk dua kegunaan: modem dan jaringan. Saat ini hampir semua NIC yang beredar di pasaran sudah mendukung Plug-n-Play (NIC secara otomatis dikonfigurasi tanpa intervensi pengguna), tetapi ada baiknya Anda pastikan bahwa NIC yang Anda beli memang mendukung PnP.

1.3 Merawat Perangkat keras computer
Perangkat keras dari sebuah komputer sangat menentukan kinerja dari komputer itu sendiri. Tidak sedikit dari kita yang menyepelekan hal ini, dan tidak merawat hardware-hardware tersebut dengan baik. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat kita lakukan untuk merawat perangkat keras komputer :
• Sebisa mungkin tegangan listrik yang dikonsumsi komputer harus stabil. Tegangan listrik yang terlalu rendah dan terlalu tinggi dua-duanya merusak perangkat keras komputer. Oleh karena itu gunakanlah Stabilizer dan UPS untuk menjaga hal tersebut.
• Hidup matikan komputer sesuai prosedur. Jangan sekali-sekali langsung mencabut kabel listrik komputer pada saat komputer sedang beroperasi, syarat ini juga mutlak berlaku untuk komputer “hang” sekalipun. Tindakan ini sangat berbahaya bagi kestabilan Power Suply komputer.
• Komputer harus terhindar dari sengatan matahari secara langsung.
• Jangan menaruh gelas/wadah lainnya yang berisi air demi menghindari siraman air terhadap perangkat keras.
• Hindari menempatkan peralatan yang bersifat/dapat menimbulkan magnet di sekitar komputer, karena ini akan mengacaukan monitor dan dapat merusak perangkat keras internal unit CPU.
• Secara berkala bersihkan bagian komputer dari debu yang melekat dengan menggunakan kuas cat, lap halus dan alat penyemprot udara.
• Secara keseluruhan bersihkan permukaan Mainboard dengan kuas untuk menghilangkan debu. Terutama pada bagian socket memory karena jika socket ini kotor/berdebu maka memory tidak akan bekerja maksimal.
• Bersihkan heatsink dan fan cooler CPU dengan kuas halus .
• Buka memory RAM dengan hati-hati dan bersihkan dengan lap halus terutama pada bagian kakinya.
• Bersihkan semua port eksternal yang ada pada Mainboard, terutama port USB.
• Bersihkan dengan menggunakan kuas halus bagian permukaan Keyboard.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s